Faktor yang mempengaruhi pembacaan puisi

Faktor yang mempengaruhi pembacaan puisi

Wednesday, June 12, 20130 comments

PUISI, sebuah karya sastra modern berbentuk prosa yang dapat memberikan pengaruh lebih bagi para pendengarnya. Isi dari puisi tersebut dapat mengendalikan emosi para pendengarnya dengan hanya mengucapkan beberapa bait. Dan untuk pembacaan puisi yang baik perlu mengetahui dan memahami beberapa faktor dalam membacakan sebuah puisi.
Ada 4 faktor yang harus diperhatikan, diantaranya :
1. Lafal, yakni cara seseorang atau sekelompok orang dalam suatu masyarakat bahasa dalam mengungkapkan bunyi bahasa. Dengan kata lain lafal berkaitan cara seseorang mengucapkan kata bahasa indonesia.
2. Tekanan (nada), yakni menyangkut keras lunaknya pengucapan kata tekanan atau nada berfungsi untuk memberikan tekanan atau perhatian khusus pada kata-kata tertentu. Kata yang ingin ditonjolkan perasaannya perlu dilakukan dengan keras dibandingkan kata-kata lain.
3. Intonasi, yakni menyangkutnya lagu kalimat. Perbedaan intonasi jenis kalimat yang berbeda , yakni kalimat kata tanya, kalimat perintah, atau kalimat seru.
4. Jeda, adalah yakni hentian arus ujaran dalam pembacaan puisi yang ditentukan oleh peralihan larik. Jeda berpengaruh pada jelas tidaknya suatu kata atau larik. Jeda terbagi atas jeda pendek, jeda sedang, dan jedang panjang.
Share this article :

Post a Comment

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo - Template By ONLINE AND READING
Copyright © 2013. ONLINE AND READING - All Rights Reserved