KIR PENGARUH GLOBALIASI TERHADAP PERDAGANGAN HASIL PRODUKSI BUDAYA BANGSA INDONESIA

KIR PENGARUH GLOBALIASI TERHADAP PERDAGANGAN HASIL PRODUKSI BUDAYA BANGSA INDONESIA

Tuesday, February 24, 20151comments

judul KIR : KIR PENGARUH GLOBALIASI TERHADAP PERDAGANGAN HASIL PRODUKSI BUDAYA BANGSA INDONESIA

KATA PENGANTAR



Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Ilmiah PKN ini dengan baik.

Karya Ilmiah ini diharapkan mampu membantu saya dalam memperdalam mata pelajaran PKN dalam kegiatan belajar. Selain itu, Karya Ilmiah ini diharapkan agar dapat menjadi bacaan para pembaca agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab karena materi ini disajikan mengarah pada terbentuknya arah globalisasi yang berpengaruh terhadap kehidupan social dan budaya.

Oleh karena itu, Karya Ilmiah ini diharapkan agar bangsa Indonesia memiliki sikap yang kritis terhadap situasi, kondisi dan juga dapat menerima perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia perdagangan di Indonesia.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah berkenan membaca Karya Ilmiah ini dengan tulus ikhlas. Semoga Karya Ilmiah  ini dapat bermanfaat, khususnya bagi saya dan pembaca. Amin





Sengkang, 24 Februari 2015





Penulis













ABSTRAK



Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Globalisasi secara fisik ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi, jaringan transportasi, perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya.

Dampak Positif

·        Pengaruh Globalisasi pada bidang perdagangan

·        Pengaruh globalisasi pada bidang produksi

Dampak Negatif :

Karena perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang menjadi lebih bebas, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sektor industri.

·        Pola hidup konsumtif

·        Gaya hidup ke barat-baratan



















DAFTAR ISI



JUDUL                                                                                                                                     i

KATA PENGANTAR                                                                                                                ii

ABSTRAK                                                                                                                                iii

DAFTAR ISI                                                                                                                             iv

BAB I PENDAHULUAN                                                                                                           1

I.1 Latar belakang                                                                                                      1

I.2 Rumusan Masalah                                                                                               1

I.3 Tujuan                                                                                                                   1

BAB II KAJIAN TEORITIS                                                                                                         2

II.1 Pengertian Globalisasi                                                                                       2

II.2 Proses Globalisasi                                                                                               2

II.3 Dampak Globalisasi                                                                                            3

II.3.1 Dampak Positif                                                                                                3

II.3.2 Dampak Negatif                                                                                               5

II.4 Pengaruh Globalisasi                                                                                          6

BAB III PENUTUP                                                                                                                   7

III.1 Kesimpulan                                                                                                         7

III.2 Saran                                                                                                                   7

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                 8







BAB I

PENDAHULUAN

I.1.  Latar Belakang

Manusia telah mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya, dari zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang. Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Perkembangan manusia pun semakin barkembang pesat. Perkembangan itu membawa perubahan – perubahan besar pada kehidupan manusia. Contohnya di bidang perdagangan yang semakin meberi baanyak perkembangan terhadap bangsa Indinesia. Sebagai contoh misalnya Indonesia. Indonesia pada saat ini, sudah mulai mengikuti perkembangan dunia. Hal ini dapat disebut bahwa Indonesia mengalami proses globalisai. Untuk itu, karya tulis ilmiah ini akan memberitahukan dampak – dampak dari globaliasasi terhadap perdanagnan di Indonesia.

I.2. Rumusan  Masalah

a)      Apa yang dimaksud dengan globalisasi ?

b)      Bagaimana proses globalisasi ?

c)      Dampak apa saja yang timbul akibat proses globalisasi terhadap perdagangan hasil produksi budaya bangsa Indonesia ?

d)     Pengaruh apa yang dibawa oleh globalisasi terhadap perdagangan hasil produksi budaya di Indonesia ?

I.3. Tujuan

Tujuannya dari laporan yang saya buat ini adalah :

·        Kita dapat mengetahui apa sebenarnya globalisasi itu.

·        Kita dapat mengetahui bagaimana proses globalisasi

·        Kita dapat mengetahui dampak apa saja timbul akibat globalisasi pada bidang perdagangan hasil produksi budaya bangsa Indonesia.

·        Kita dapat mengetahui pengaruh apa saja yang di timbulkan globalisasi terhadap perdagangan hasil produksi budaya bangsa Indonesia.



BAB II

KAJIAN TEORITIS

II.1. Pengertian Globalisasi

Kata globalisasi diambil dari global yang maknanya universal. Globalisasi belum memiliki definisi atau pengertian yang pasti kecuali sekedar definisi kerja sehingga maknanya tergantung pada sudut pandang orang yang melihatnya.

Ada beberapa definisi global yang dikemukakan oleh beberapa orang sebagai berikut :

a.    Malcom Waters, seorang professor sosiologi dari Universitas Tasmania, berpendapat, globalisasi adalah sebuah proses social yang berakibat pembatasan geografis pada keadaan social budaya menjadi kurang penting yang terjelma di dalam kesadaran orang.

b.    Emanuel Richter, guru besar pada ilmu politik Universtas Aashen, Jerman, berpendapat, bahwa globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

c.    Princenton N Lyman, mantan duta besar AS di Afrika Selatan, berpendapat bahwa globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

d.    Selo Soemardjan, bapak Sosiologi Indonesia, berpendapat bahwa Globalisasi adalah terbentuknya organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

II.2. Proses Globalisasi

Globalisasi sebagai suatu proses bukanlah suatu fenomena baru karena proses globalisasi sebenarnya telah ada sejak berabad-abad lamanya. Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 arus globalisasi semakin berkembang pesat di berbagai negara ketika mulai ditemukan teknologi komunikasi, informasi, dan transportasihingga perdagangan. Loncatan teknologi yang semakin canggih pada pertengahan abad ke-20 yaitu jual beli pasar bebas serta segala fasilitas perdagangan lainnya.

Bagi Indonesia, proses globalisasi telah begitu terasa sekali sejak awal dilaksanakan pembangunan. Dengan kembalinya tenaga ahli Indonesia yang menjalankan studi di luar negeri dan datangnya tenaga ahli (konsultan) dari negara asing, proses globalisasi yang berupa pemikiran atau sistem nilai kehidupan mulai diadopsi dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Globalisasi secara fisik ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi, jaringan transportasi, perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya di bidang perdagangan.



II.3. Dampak Globalisasi

II.3.1. Dampak Positif

a.        Globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan.

1.      Liberalisasi perdagangan barang, jasa layanan, dan komodit lain memberi peluang kepada Indonesia untuk ikut bersaing mereput pasar perdagangan luar negeri, terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil, dan bahan tambang.

2.      Arus masuk perdagangan luar negeri menyebakan defisit perdagangan nasional.

b.        Globalisasi bidang ekonomi sektor produksi.

Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang dengan pertimbangan keuntungan geografis.

II.3.2 Dampak Negatif

a.        Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada khususnya pada para pedagang di Indonesia.

b.        Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah mayarakat mulai sering menggunakan tren dan gaya dari negara lain

II.4. Pengaruh Globalisasi

Di Zaman Globalisasi saat ini banyak pengaruh yang mempengaruhi remaja. Ada pengaruh yang positif ada juga pengaruh yang negatif. Sebagai remaja yang baik kita harus memanfaatkan alat - alat / teknologi yang sudah canggih sehingga mampu menguasainya.

Indonesia adalah negara yang masyarakatnya mempunyai etika yang baik. Tapi saat ini banyak sekali pengaruh yang ditimbulkan oleh globalisasi. Mungkin itu adalah pengaruh negatif dari Globalisasi. Dan itu menyebabkan pergaulan bebas, kurangnya kecintaan terhadap hasil produksi budaya indonesia, dll. Hal - hal itulah yang harus kita hindari.

Tapi kita juga tidak boleh menyalahkan adanya Zaman Globalisasi, karena jika tidak ada Zaman Globalisasi kita tidak akan mengenal alat - alat komunikasi yang canggih. Nilai moral bangsa dinilai dari etika masyarakatnya. Jadi, jika ingin mempunyai nilai moral bangsa yang baik kita harus menjaga etika. Gunakan slogan " Jika ingin dihormati, Hormatilah orang lain." Agar kita sopan terhadap orang lain. Jadi, kita dianggap bangsa yang berbudi baik dimata bangsa lain.

Etika seharusnya diajarkan sejak dini kepada setiap golongan masyarakat khusus pedagang-pedagang, dari pedagang kecil hingga pedagang besar (perusahaan) yang ada di tanah air ini. Masyarakat biasanya menirukan budaya yang lebih unggul daripada budayanya sendiri, maka dari itu pemerintah seharusnya melakukan kegiatan yang mampu memberikan arti etika baik. Dan mampu dimengerti oleh setiap masyarakat. Dengan penyampaian atau sosialisasi terhadap setiap golongan masyarakat khususnya pada para pedagang di Indonesia sehingga menjadi pedagang yang tetap cinta dan setia terhadap hasil produksi budaya Indonesia.

Oleh karena itu, agar kita tidak terjerumus ke dalam pengaruh negatif globalisasi kita harus mengikuti langkah – langkah seperti berikut:

1.      Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.

2.      Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.

3.      Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.

4.      Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.

5.      Perlunya perhatian pemerintah terhadap sikap para pedagang di Indonesia.

BAB III

PENUTUP

III.1. Kesimpulan

Kita harus bersikap selektif dalam mengikuti perkembangan globalisasi. Ambilah sisi positif dari proses globalisasi. Dengan adanya proses globalisasi dalam kehidupan, kita dapat memperoleh informasi dengan cepat, membuat kehidupan semakin baik, makin berkembangnya teknologi dan ekonomi bangasa Indonesia. Pemerintah dan pedagang harus memiliki korelasi yang cukup baik sehingga tetap dapat mengikuti arus globalisasi tapi tetap cinta terhadap hasil produksi budaya bangsa Indonesia

III.2. Saran

Dengan begitu, kami menyarankan agar pemerintah tetap memperhatika aetiap gerak-gerik aru globalisasi sehingga tetap menjaga hasil produksi bangsa Indoneia agar tidak punah.

Dan kalian harus bersikap selektif dalam mengikuti setiap perkembangan globalisasi. Dan gunakanlah teknologi,informasi, dan komunikasi dengan sebaik-baiknya.























DAFTAR PUSTAKA



Share this article :

+ comments + 1 comments

July 30, 2015 at 9:46 PM

terimakasih banyak, sangat menarik sekali nih artikelnya...

http://acemaxsshop.com/

Post a Comment

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo - Template By ONLINE AND READING
Copyright © 2013. ONLINE AND READING - All Rights Reserved